cara perawatan aksesori


Sebagai wanita modern yang sadar akan penampilan, Anda tentunya memiliki aksesori dari emas atau perak. Entah itu kalung, cincin, gelang maupun anting. perhiasan ini membantu menyempurnakan gaya penampilan Anda. Karena itu cermati cara merawatnya agar koleksi perhiasan emas atau perak anda senantiasa cemerlang.

Karena bernilainya perhiasan emas dan perak, tak heran jika penunjang penampilan yang satu ini mendapat perhatian ekstra dalam satu wadah tertutup, perhiasan pun disimpan agar keamanannya selalu terjaga. Tetapi tahukah Anda bahwa perhatian sebatas itu tidak cukup.

Perhiasan dari emas dan perak perlu dirawat agar warnanya tetap cemerlang, tidak tergores dan berubah bentuk (penyok) jadi mungkin tidak seperti cara memperlakukan perhiasan selama ini. Begitu selesai dikenakan, langsung mencopot dan menyimpannya di kotak perhiasan. Begitu terus hingga akhirnya saat Anda cermati, aksesori tersebut tak bercahaya alias kusam. Salah satu sebab, perhiasan ini terkena dampak dari proses oksidasi pada vernis kayu lemari pakaian atau wadah penyimpan aksesori itu. Sayang sekali bukan?

Nah, mulai sekarang jadwalkan waktu khusus untuk merawat koleksi gelang, cincin atau kalung Anda. Pada aksesori perak, perubahan yang menjadi kusam karena terkena keringat yang mengandung garam. Aksesori emas sesungguhnya sulit kusam, tetapi lama kelamaan bisa juga berubah warna. Pada persiapan handmade kemungkinan menjadi hitam atau merah karena campurannya tidak merata saat proses pembuatan.

Tahap Perawatan

Yang penting dilakukan adalah membersihkan emas secara berkala. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah, karena caranya tidak rumit. Ambil sebuah wadah, isi air hangat yang sudah diberi sedikit sampo dan bubuk kunyit. Campur secara merata, lalu masukkan perhiasan Anda kedalamnya dan biarkan selama 3 menit. Kotoran, minyak atau sisa garam dari keringat yang menempel akan luruh. Bersihkan lebih lanjut dengan menyikatnya lembut menggunakan sikat gigi bekas. Perhatikan, gerakan sikat satu arah. setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan lap dan bahan abrasive seperti autosol yang bisa diperoleh di bengkel sepeda motor. Pilih lap yang lembut dan berkualitas bagus. Anda juga dapat menggunakan kaus bekas terbuat dari katun. Kapas dapat juga dipakai, tetapi agak sulit menggosokkannya.

Sedangkan emas sepuhan memerlukan penanganan berbeda. Agar warna emasnya tak luntur sebelum dikenakan pertama kali, oleskan cat kuku netral/transparan merata di permukaan perhiasan. Sepuhan emas akan bertahan lama dan tetap berkilau seperti emas asli.

Untuk perhiasan perak, bersihkan warna hitam dengan merebusnya dalam panci alumunium yang ditambahkan sedikit garam untuk mengikat oksidan. Hati-hati, cara ini tidak dapat diaplikasikan untuk emas putih, berlian dan emas sepuhan. Cara membersihkan lainnya, ambil secangkir cuka dicampur satu sendok makan soda bikarbonat. Perhiasan direndam sebentar, lalu digosok, dibilas dan dilap kering. Anda dapat merendamnya selama satu jam bila perhiasannya sudah sangat kotor.

Ref : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s