Bagaimana Cara Membersihkan Perhiasan Perak


Karena terjadinya proses Oksidasi membuat perhisan perak menjadi buram dan timbulnya semacam kerak dipermukaan perak tersebut, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya proses oksidasi , misalnya perhiasan perak di simpan didalam almari dalam waktu yang lama sehingga udara yang bercampur dengan unsur unsur kimia seperti cat , varnish dan lain sebagainya yang mempengaruhi udara didalam almari tersebut, atau perak terkena langsung dengan zat lain pada saat kita gunakan seperti parfum, belerang pada saat kita mandi air panas dari sumber alam , atau mandi dengan sabun sulfur untuk mengurangi jerawat yang banyak dijual dipasaran , air laut atau zat-zat yang lainya , bahkan keringat kita dapat juga membuat perhiasan perak menjadi berubah atau karena proses oksidasi tersebut. Kadang kita dapati perhiasan perak satu dengan yang lainya berbeda didalam proses oksidasinya atau yang sering konsumen mengeluh misalnya “ kok cincin saya yang satu ini lebih cepat berubah warnanya dan kalau dicuci atau dibersihkan tidak kembali lagi seperti semula dibandingkan dengan cincin perak saya yang satunya” hal ini disebabkan kadar prosentase campuran perak didalam perhiasan tersebut, semakin besar kandungan peraknya semakin baik dan membuat perhiasan tersebut tidak mudah berubah warna, namun kelemahanya membuat perhiasan tersebut menjadi lentur hal ini membuat perhiasan menjadi mudah “penyok” atau berubah bentuk. Perhiasan perak kami mengandung 92.5% kadar peraknya.

Bagaimana cara membersihkan perak ?

Cara lama dan mudah orang membersihkan perhiasan perak yaitu dengan cara dicuci dengan sabun cuci piring atau dengan bahasa jawa “klerek” atau dengan pembersih yang mengandung baking soda, seperti pasta gigi, seperti pada saat saya menulis ini saya ambil perhiasan perak saya yang sudah lama tidak saya pakai kemudian saya ambil “odol” atau pasta gigi dan saya gosok dengan odol permukaan peraknya kemudian saya cuci dengan sabun pencuci piring dengan sikat gigi bekas disikat perlahan-lahan kemudian dibasuh dengan air bersih hasilnya

seperti dalam contoh gambar disamping , di toko perhiasan yang menerima jasa membersihkan perhiasan tentu hasilnya lebih baik lagi karena peralatan yang mereka punya lebih lengkaplagi.

Mereka juga dapat mengembalikan keadaan perhiasan kita sama seperti pada saat kita membelinya karena perhiasan tersebut degosok dengan “amplas” yang sangat halus biasanya amplas no 1000 atau no 2000, kemudian dicuci dengan air dan diamplas lagi sampai betul betul halus dan setelahitu digosok dengan autosol sehingga cincin atau perhiasan tersebut menjadi mengkilat. (gambar cincin saya disamping tidak meggunakan perlengkapan tersebut , hanya saya gosok dengan odol kemudian dicuci dengan sabun cuci piring kemudian saya keringkan hasilnya cukup lumayan ) anda juga dapat melakukanya sendiri dirumah dengan membeli perlengkapan yang sama seperti mereka punya dan cara membersihkan dengan amplas jangan anda lakukan untuk perhiasan “sepuhan” atau lapisan baik itu emas maupun perak karena akan menghilangkan lapisan tersebut , lebih baik anda hati-hati dengan cara tersebut untuk membersihkan perhiasan anda karena kalau anda tidak yakin dengan perhiasan anda lebih baik anda Tanya kepada penjualnya apakah perhiasan tersebut asli atau sepuhan karena begitu anda gosok dengan amplas halus tadi bukanya tambah mengkilap tetapi tambah buram karena lapisan yang seharusnya melapisi perhiasan tersebut malah hilang .

memang hal ini akan membuat berat perhiasan kita menyusut apalagi perhiasan kita terbuat dari emas yang tentunya akan merugikan kita karena harga emas yang mahal, namun tidak terlalu rugi kalau perhiasan kita terbuat dari perak karena harga perak yang tidak semahal emas

 

Cara pencucian/pembersihan batu permata harus mencuci dengan hati-hati dan lembut dengan menggunakan amonia, air atau sabun pencuci piring. Lalu bilaslah dengan air sampai bersih. Pada saat pengeringan di haruskan menggunakan kain/lap yang halus dan lembut yaitu yang cukup efektif dan aman.

Mutiara, karang, porous seperti batu opal, pirus, lapis atau malachite harus disimpan jauh dari air kotor dan minyak untuk menghindari pengotoran. Jangan memakai cincin berisi batu-batu ini sambil melakukan kegiatan kasar atau mencuci piring.

Ruby Star New Mozambik

Banyak batu permata yang sensitive terutama dengan panas karena dengan adanya perubahan suhu yang menyebabkan hal-hal kecil dari interval retak lalu batu permata dapat pecah. Jangan biarkan batu permata anda terkena panas sinar matahari, atau panas dalam mobil.

2 thoughts on “Bagaimana Cara Membersihkan Perhiasan Perak

  1. setahu kami menggunakan odol tidak baik, perak cenderung kusam… kilau tidak kembali seperti semula,
    banyak yang menyarankan menggunakan alumunium foil+garam+bakingsoda yang direbus bersama perhiasan perak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s